Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami


Masalah ketombe bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Serpihan putih yang terasa gatal ini ternyata dialami oleh hampir 50% orang di dunia. Meski hampir semua orang memilikinya, ternyata tidak semua orang tahu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang aman.


Ketombe bisa muncul karena berbagai faktor, mulai dari usia seseorang, kondisi cuaca, tingkat stres, kondisi medis, hingga pemilihan produk perawatan rambut yang salah. Salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk perawatan rambut dan ketombe adalah minyak zaitun. Bagaimana caranya?


Manfaat Minyak Zaitun untuk Ketombe

Minyak Zaitun



Beberapa riset mengatakan jika minyak zaitun mampu melindungi rambut dari kerusakan. Minyak zaitun memiliki efek melembapkan yang membawa benefit bagi rambut. Riset meyakini jika minyak dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal lebih sanggup menembus batang rambut kepala.

Dengan kata lain, penggunaan minyak zaitun lebih mampu merawat rambut daripada jenis minyak lain, seperti minyak bunga matahari hingga minyak safflower. Riset dalam jurnal Molecules menulis manfaat senyawa squalene dalam minyak zaitun mampu melembapkan rambut dengan optimal.

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan. Keduanya merupakan nutrisi terbaik untuk rambut. Penggunaan secara rutin bisa menurunkan kerusakan, melembapkan, melembutkan, serta mengangkat masalah ketombe. Minyak zaitun juga mampu mengatasi rambut yang bercabang.


Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Alami


Cara menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe sebetulnya cukup mudah. Kita hanya memerlukan sedikit minyak zaitun berjenis extra virgin. Masker sederhana ini cocok untuk rambut kasar, tebal, kering, hingga rambut rusak akibat penggunaan bahan kimia.


Langkah Pembuatan Masker Rambut

Siapkan minyak zaitun extra virgin yang berkualitas tinggi, seperti EVO Zaitun Oil HIU. Cek komposisinya, pastikan hanya minyaknya murni tanpa bahan tambahan.

Gunakan antara 2 sendok makan hingga 1/4 cangkir minyak zaitun, atau sesuaikan dengan ketebalan dan kebutuhan rambut secukupnya.

Hangatkan minyak sebentar saja. Durasi penghangatan mungkin sekitar 10 detik. Hati-hati, jangan sampai terlalu panas dan pastikan hangatnya merata.

Langkah Pengaplikasian Masker Rambut

Gunakan botol kecil dan sarung tangan khusus rambut agar tidak kacau.

Pasang handuk di atas bahu untuk melindungi pakaian dari tetesan minyak.

Oleskan minyak ke rambut yang kering, lalu pijat dari ujung ke ujung.

Jika sudah tutupi rambut dengan shower cap atau barang sejenis.

Biarkan setidaknya 15-30 menit, lalu sisir secara merata.

Terakhir, bilas rambut dengan sampo.

Penutup

Untuk jenis rambut kering dan rusak, cara menghilangkan ketombe dengan alami ini bisa dilakukan dua kali seminggu. Sementara pada rambut berminyak, cukup aplikasikan beberapa minggu sekali. Tak hanya ketombe, cara ini bisa menguatkan rambut dan membuat rambut lebih sehat-bersinar.


https://thibbunnabawihiu.com/mudah-cara-menghilangkan-ketombe-dengan-bahan-alami/

Komentar